Bagian II: Prinsip Pengajaran

Bagian III: Teknis Pengajaran

3. Fixed and Growth Mindset

Pola pikir adalah cara berpikir yang memengaruhi seseorang dalam berpikir, merasa, dan berperilaku. Secara umum, ada dua jenis pola pikir yaitu Pola Pikir Tetap (Fixed Mindset) dan Pola Pikir Berkembang (Growth Mindset).

Seseorang yang memiliki Pola Pikir Tetap percaya bahwa kemampuan (kecerdasan dan bakat) yang dimilikinya merupakan bawaan lahir, tetap, tidak bisa diubah maupun dikembangkan. 

Sedangkan seseorang yang memiliki Pola Pikir Berkembang percaya bahwa kemampuan yang dimilikinya masih bisa diubah dan dapat berkembang melalui latihan yang dilakukan secara konsisten. 

Orang-orang dengan Pola Pikir Tetap selalu berpikir bahwa mereka hanya bisa menerima keadaan dan kondisi kehidupan mereka apa adanya serta tidak percaya bahwa mereka bisa mengubah hidup mereka menjadi lebih baik dan sukses.

Orang-orang dengan Pola Pikir Berkembang selalu berpikir bahwa mereka bisa mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik dengan belajar dan bekerja keras serta melihat kegagalan sebagai hal yang penting menuju kesuksesan. 

Sebagai Instruktur yang memiliki tanggung jawab untuk mengajar, melatih, dan membimbing Murid, Instruktur harus memiliki Pola Pikir Berkembang supaya bisa memahami kebutuhan Murid dan membantu Murid mencapai tujuan belajarnya.

Instruktur yang memiliki Pola Pikir Berkembang akan lebih tahan terhadap berbagai kesulitan yang dihadapinya sedangkan Instruktur yang memiliki Pola Pikir Tetap akan cepat menyerah ketika menghadapi kesulitan di dalam proses pembelajaran.

This quiz is for logged in users only.